Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pada teman- teman semua soal Sumatif akhir semester mapel Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka Semester 1 (Ganjil) Lengkap.
Mapel tersebut merupakan salah satu mapel pada Jurusan Animasi SMK pada Kurikulum Merdeka. soal Sumatif akhir semester ganjil memuat kompilasi latihan- latihan soal yang sudah kita bahas pada bab- bab sebelumnya. Soal- soal yang disusun merupakan intisari dari materi pada buku paket Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka semester 1 (ganjil).
Semoga saja melalui latihan soal dapat membantu teman- teman dalam belajar dalam menghadapi Sumatif Akhir Semester (SAS) nanti. Materi pada semester 1 (ganjil) ini terdiri dari enam bab diantaranya,
Bab 1 Wawasan Animasi
Bab 2 Peluang Usaha dan Profesi Animasi
Bab 3 Proses Bisnis Animasi
Bab 4 Pipeline Produksi Animasi
Bab 5 Perkembangan Teknologi Animasi
Bab 6 Seni Visual dan Komposisi
Oya teman- teman, latihan soal ini merupakan pilihan dari soal- soal yang sudah saya post sebelumnya. Apabila kalian ingin belajar lebih banyak lagi melalui latihan soal dari bab 1 sampai dengan bab 6 tersebut, boleh dibuka post terdahulu tentang kumpulan soal dasar- dasar animasi kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka semester ganjil lengkap berikut,
Latihan soal terdiri dari 35 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan, kunci jawaban saya buat dalam spoiler sehingga teman- teman dapat belajar mandiri. Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya.
Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
=====================================================================================
Latihan Soal Sumatif Akhir Semester Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Mapel
Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023
1. Film paling populer dari Walt Disney Animation Studio adalah ....
A. The Lion King
B. Snow White and the Seven Dwarfs
C. Mulan
D. Aladdin
E. The Little Mermaid
2. Film animasi komedi untuk keluarga Indonesia tahun 2021 Nussa merupakan
karya dari ....
A. Infinite Framework Studios
B. BASE studio
C. The Little Giantz
D. Enspire Studio
E. MSV Picture
3. Pada prinsipnya, gambar kartun mengunakan animasi dua dimensi. Pernyataan
yang tepat berkaitan dengan hal tersebut adalah ....
A. hanya dapat dilihat dari depan saja
B. hanya mempunyai ukuran panjang (X-axis) dan (Y-axis)
C. dapat dilihat dari sisi manapun
D. pernyataan A, B benar
E. pernyataan A, B dan C benar
4. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang
tembus pandang
(2) Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar
belakang dan depan yang statis
Teknik animasi yang dipaparkan sesuai hal- hal di atas adalah ....
A. teknik sel
B. teknik bayangan
C. teknik computing 2D
D. teknik manual
E. teknik clay
5. Proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan
pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir
sehingga dapat terbentuk frame-frame baru disebut ....
A. morphing
B. tweening
C. onion skinning
D. masking
E. morphing dan tweening
6. Teknik animasi menggunakan fotografi yang pengambilan gambarnya frame by
frame untuk membuat objek statis tampak bergerak dikenal dengan ....
A. animasi 2D
B. animasi 3D
C. animasi computing 2D
D. animasi bayangan
E. animasi stop motion
7. Film animasi Shaun the Sheep merupakan contoh hasil karya film animasi stop
motion yang teknik pembuatannya menggunakan ....
A. animasi clay
B. animasi cutout
C. animasi pasir
D. animasi gambar
E. animasi komputer
8. Seorang 3D ilustration artist harus mampu membuat pencitraan gambar digital
atau disebut dengan ....
A. rigging
B. rendering
C. shading
D. compositing
E. directing
9. Agar konsep yang dihasilkan sesuai dengan tujuan maka seorang 3D
Ilustration Artist ....
A. melakukan penelitian tentang konsep desain dan menggambarkannya sesuai
dengan papan cerita dalam konsep naskah
B. mampu membuat pencitraan sifat permukaan
C. membuat rancangan mekanika gerak digital
D. membuat pencitraan gambar digital
E. membuat pencitraan UV mesh
10. Pada Film The Battle of Surabaya, hampir seluruh situasi diwarnai dengan
nuansa yang menggambarkan situasi pada masa perjuangan tahun 1945. Hal
tersebut membuat penonton seakan- akan terbawa dengan suasana yang ada. Elemen
dramatik film tersebut merupakan peran dari ....
A. Script Writer
B. Storyboard Artist
C. Colorist
D. Sound Engineer
E. Video Editor
11. Seorang sound engineer berperan penting dalam sebuah film dalam tanggung
jawab ....
A. mengembangkan dan meriset ide-ide untuk skenario film
B. memanipulasi suara guna mencapai hasil yang diinginkan
C. bertemu dengan eksekutif film untuk mengajukan skenario dan gagasan
D. menulis atau mengadaptasi cerita menjadi sebuah naskah
E. membuat kerangka kerja atau treatment awal untuk skenario
12. Orang- orang yang memiliki kewenangan untuk mengambil shot dalam
merepresentasikan adegan dalam script dan bertanggung jawab terhadap
pengembangan karakter di divisi desain karakter serta pengembangan lokasi pada
divisi environment adalah ....
A. Script Writer
B. Storyboard Artist
C. Colorist
D. Sound Engineer
E. Video Editor
13. Intellectual property dilindungi oleh undang- undang dalam bentuk ....
A. paten
B. paten, hak cipta
C. hak cipta, merek dagang
D. paten, hak cipta, merek dagang
E. paten, hak cipta, merek dagang, penggunaan
14. Salah satu contoh bentuk penyalahgunaan karya yang saat ini marak terjadi
adalah ....
A. pemanfaatan desain karya gratis untuk tujuan non-komersil
B. pengunduhan gambar pada situs penyedia gambar gratis
C. penggunaan logo yang memakai warna yang umum digunakan
D. komersialisasi karya orang lain yang sebenarnya dapat diakses dengan gratis
E. membagikan karya yang memang benar- benar gratis
15. Hak yang didapatkan dari hasilolah pikir manusia untuk dapat menghasilkan
suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat disebut dengan
....
A. hak asasi
B. hak kekayaan intelektual
C. hak manusia
D. hak kekayaan kolektif
E. hak kepemilikan pribadi
16. Dasar hukum tentang turan hukum HAKI tentang hak cipta, pencipta,
perlindungan hak cipta dan ciptaan yang dilindungi diatur dalam ....
A. UU No. 28/2014
B. UU Nomor 4 Tahun 2001
C. UU Nomor 15 Tahun 2001
D. UU Nomor 31 Tahun 2000
E. UU Nomor 32 Tahun 2000
17. Ruang lingkup HAKI mencakup hak ekonomi apabila ....
A. berdampak langsung terhadap masalah ekonomi dalam suatu negara
B. memiliki hubungan dan dampak langsung terhadap ekonomi perusahaan
C. memengaruhi kehidupan ekonomi seseorang
D. dapat meningkatkan nilai ekonomi dari suatu karya
E. melibatkan beberapa pelaku ekonomi
18. Hak yang diberikan khusus kepada para pencipta dan mereka memiliki hak
eksklusif untuk dapat mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya disebut
....
A. hak cipta
B. hak kekayaan industri
C. hak paten
D. hak merek
E. hak intelektual
19. Dalam pembuatan film animasi, jalur produksi dibutuhkan seperti pada
pembuatan film- film besar yang mencakup urutan kerja ....
A. mengelola tugas dan kegiatan - merencanakan proyek - menjaga keseluruhan
produksi sesuai jadwal
B. merencanakan proyek - mengelola tugas dan kegiatan - menjaga keseluruhan
produksi sesuai jadwal
C. menjaga keseluruhan produksi sesuai jadwal - merencanakan proyek -
mengelola tugas dan kegiatan
D. mengelola tugas dan kegiatan - menjaga keseluruhan produksi sesuai jadwal -
merencanakan proyek
E. merencanakan proyek - menjaga keseluruhan produksi sesuai jadwal -
mengelola tugas dan kegiatan
20. Dalam sebuah film animasi, uraian pekerjaan (job description) sangat
diperlukan sebagai ....
A. catatan sistematis tentang tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan
tertentu
B. alur kerja dari pembuatan film animasi
C. proses yang dilakukan dalam sebuah proses produksi
D. pembagian tugas untuk melaksanakan tugas pra produksi
E. kesinambungan pekerjaan untuk para staf produksi
21. Hal yang dapat ditemukan pada tahapan story script adalah ....
A. dituangkannya ide cerita ke dalam sebuah script
B. pengembangan desain dan karakter
C. pengujian efektifitas produksi animasi
D. penerjemahan script cerita yang dibuat menjadi panel- panel gambar yang
berupa storyboard
E. penentuan panel- panel pada storyboard untuk timing cepat lambatnya adegan-
adegan
22. Tahapan character development and design berfokus pada ....
A. dituangkannya ide cerita ke dalam sebuah script
B. pengembangan desain dan karakter
C. pengujian efektifitas produksi animasi
D. penerjemahan script cerita yang dibuat menjadi panel- panel gambar yang
berupa storyboard
E. penentuan panel- panel pada storyboard untuk timing cepat lambatnya adegan-
adegan
23. Hal yang dapat ditemukan pada tahapan storyboard adalah ....
A. penuangan ide cerita ke dalam sebuah script
B. pengembangan desain dan karakter
C. pengujian efektifitas produksi animasi
D. penerjemahan script cerita yang dibuat menjadi panel- panel gambar yang
berupa storyboard
E. penentuan panel- panel pada storyboard untuk timing cepat lambatnya adegan-
adegan
Lanjut ke halaman berikutnya >>>>> Halaman 2
No comments:
Post a Comment