Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023 - Ahzaa.Net

Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023

Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023
Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan menyajikan latihan soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023.  

Image by Pexels from Pixabay


Latihan soal ini untuk melengkapi belajar teman- teman khususnya dalam menghadapi sumatif akhir semester (SAS)/ Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun 2022/ 2023 mendatang. Latihan soal tersebut merupakan kompilasi dari latihan soal Informatika dari materi yang diajarkan pada semester 1 (ganjil) dari bab 1 sampai bab 5. 

Apabila teman- teman ingin belajar melalui latihan soal yang lebih lengkap, teman- teman bisa membuka tulisan saya sebelumnya melalui post- post berikut, 

Langsung saja yaa, berikut Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023.

Selamat belajar dan berlatih...

========================================================================================
Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun 2022/ 2023

1. Komputasi merupakan ilmu yang berkaitan dengan ....
A. pemodelan matematika
B. pemanfaatan komputer dalam masalah- masalah sains
C. penghitungan menggunakan komputer
D. pemodelan matematika dan pemanfaatan komputer dalam memecahkan masalah sains


2. Berpikir komputasional merupakan landasan berfikir untuk belajar informatika. Berpikir komputational sebagai suatu kerangka dan proses berpikir mencakup beberapa hal- hal berikut ini, kecuali ....
A. perangkat keras
B. perangkat lunak
C. malfungsi perangkat lunak dan keras
D. menalar mengenai sistem dan persoalan


3. Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang tersendiri. Pernyataan yang tepat adalah ....
A. informatika membawa seseorang ke dalam suatu cara berfikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya
B. ide - ide dan konsep informatika sudah berusia lebih dari 20 tahun dan terpakai sampai sekarang
C. setiap prinsip inti diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu
D. pernyataan A,B,C benar


4. Dilihat dari ruang lingkupnya, Informatika dan TIK memiliki perbedaan. Pernyataan yang tepat adalah ....
A. Informatika merupakan salah satu bagian dari ilmu TIK
B. TIK merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika
C. TIK lebih mempelajari ke dalam teknologi terapan kehidupan sehari- hari, sedangkan informatika merujuk pada kekhususan ilmu teknologi tertentu
D. TIK lebih berhubungan ke dalam terapan ilmu komunikasi dan informasi  manusia dan lingkungannya sementara informatika berhubungan ke dalam pemecahan masalah teknologi sehari- hari


5. Di bawah ini yang merupakan cakupan dari informatika adalah ....
A. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi
B. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data
C. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman
D. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman,  Dampak Sosial informatika, dan Praktika Lintas Bidang 


6. Belajar informatika tidak harus memanfatkan komputer. Hal ini dikarenakan tujuan penting dari belajar informatika adalah ....
A. memahami cara kerja komputer dan sistem digital berbasis komputer
B. menyelesaikan masalah- masalah menggunakan coding- coding tertentu
C. mengetahui sistem yang bekerja dalam sebuah terapan alat
D. melaksanakan kegiatan yang tepat guna berkaitan dengan teknologi


7. Problem solving merupakan suatu upaya untuk mengatasi suatu keadaan atau situasi yang harus diselesaikan. Pernyataan yang tepat adalah ....
A. masalah yang dihadapi akan selalu sama setiap masa
B. masalah yang dihadapi akan semakin rumit seiring berjalannya waktu
C. masalah yang dihadapi sebanding dengan kemampuan teknologi yang dimiliki
D. masalah yang dihadapi harus segera diselesaikan dengan terbatasnya waktu


8. Berikut ini yang tidak termasuk dalam teknik berpikir komputational adalah ....
A. dekomposisi
B. koding
C. pengenalan pola
D. abstraksi


9. Salah satu hal yang mendasari kita harus berpikir secara komputasional adalah ....
A. membantu dalam memprogram
B. membantu menyelesaikan masalah yang rumit dengan mudah
C. membantu berpikir seperti komputer
D. meringankan beban kerja dalam segala bidang


10. Pada saat kita akan bertemu dengan teman maka kita dapat menerapkan cara berpikir komputasional dalam konteks tersebut. Salah satu contoh penerapannya ....
A. berjalan dengan arah tidak menentu saat akan menuju kerumah teman
B. menyuruh teman menjemput di tempat yang ditentukan
C. meminta bantuan orang lain untuk merencanakan bertemu dengan teman
D. merencanakan rute jalan saat akan bertemu dengan teman


11. Pernyataan berikut ini yang tidak berkaitan dengan penyelesaian  masalah dengan dekomposisi adalah ....
A. dekomposisi merupakan berpikir tentang bagaimana masalah dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
B. dekomposisi dapat membantu kita dalam memecahkan sebagian masalah
C. dekomposisi akan membantu   menyelesaikan masalah kompleks dengan lebih mudah
D. dekomposisi kemungkinan akan menambahkan lebih banyak masalah sehingga menjadi lebih kompleks


12. Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalahnya dengan cara mengurutkan instruksi logis adalah ....
A. dekomposisi
B. abstraksi
C. algoritma
D. pengenalan pola


13. Dalam algoritma kita mengenal tentang kode semu (pseucode). Kode semu diartikan sebagai .... 
A. bahasa tingkat tinggi yang memiliki sintaksis tertentu
B. sebuah cara untuk menjelaskan satu set instruksi yang tidak menggunakan sintaks tertentu
C. sebuah diagram yang mewakili satu set instruksi
D. sebuah diagram yang memudahkan dalam memahami instruksi yang rumit


14. Dalam berpikir komputasional, komputer paling mungkin digunakan ....
A. selama dekomposisi
B. pada saat mengakhiri kegiatan memprogram komputer
C. saat menulis algoritma
D. saat melakukan abstraksi


15. Pemahaman tentang model interaksi GUI sangat penting karena ....
A.  untuk memudahkan dalam menyelesaikan masalah yang rumit
B. untuk mengenali pola yang selalu berganti- ganti
C. agar dapat berinteraksi dengan baik terhadap perangkat keras, melalui gambar atau ikon yang mewakili objek
D. untuk mengelola keseluruhan dari sistem operasi yang dijalankan


16. Objek- objek yang dikelola dan ditampilkan dalam sistem operasi diwakili oleh ....
A. bentuk bangun
B. ikon
C. script
D. kode


17. Bagi seorang yang berkecimpung di dunia sains, maka penghitungan- penghitungan dapat dilakukan dengan memanfatkan fitur ....
A. Standar
B. Scientific
C. Graphing
D. Programmer


18. Multitasking pada komputer selain menguntungkan ternyata juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan  multitasking bagi pengguna komputer adalah ....
A. menghabiskan daya listrik yang besar
B. produktivitas kerja yang terhambat
C. memperlambat kinerja komputer
D. baterai yang boros


19. Tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain adalah ....
A. directory
B. icon
C. drive
D. file manager


20. Bagian dari sistem operasi Microsoft Windows yang mengelola folder atau directory adalah ....
A. Explorer
B. Flash Drive
C. File manager
D. task management


21. File memiliki nama pendek setelah tanda titik di akhir nama (ekstensi). File dengan ekstensi PNG dikenal untuk file berjenis ....
A. dokumen
B. aplikasi
C. gambar
D. audio


Lanjut ke nomor soal berikutnya yaa >>>> Halaman 2


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak