Hai sahabat Ahzaa, selamat datang di AhzaaNet. Kita lanjutkan ya belajarnya melalui latihan soal untuk jenjang SMK yaitu Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka. Untuk materi bab yang akan saya bahas melalui latihan soal adalah bab 5 tentang Perkembangan Teknologi Animasi.
Materi latihan soal pada bab ini saya buat dua bagian (part). Bagian pertama adalah tentang Perangkat Kerja Bidang Animasi dan part kedua nati (akan saya post pada tulisan selanjutnya) adalah tentang Jenis‐jenis Aplikasi atau Tools.
Baik, kita mulai dari part pertama dahulu yaa tentang perangkat kerja bidang animasi. Oya teman- teman, latihan soal bab lima ini merupakan lanjutan dari latihan soal pada bab- bab sebelumnya. Teman- teman yang belum berlatih bisa membuka tulisan saya terdahulu pada bab 1, 2, 3 dan 4.
Baca Juga :
Latihan soal ini khusus untuk kalian yang ambil Program keahlian Animasi SMK Kurikulum Merdeka, semoga melalui latihan soal soal berikut ini dapat membantu dalam belajar kalian.
Materi soal disarikan dari buku paket Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1. Latihan soal bagian pertama ini terdiri atas 28 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan dalam belajar, kunci jawaban saya buat dalam bentuk spoiler (buka tutup) agar teman- teman dapat belajar mandiri.
Langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
======================================================================================
1. Salah satu ciri dari pembuatan animasi tradisional adalah tahapan
pembuatannya .....
A. melibatkan tangan dalam setiap proses pembuatannya
B. menggunakan teknologi meskipun masih tradisional
C. menggunakan teknologi digital
D. memadukan teknologi digital dan teknologi tradisional
E. murni menggunakan teknologi digital
2. Contoh film animasi yang termasuk dalam animasi tradisional adalah ....
A. Shrek
B. Luca
C. Big Hero
D. Snow White
E. Toy Story
3. Perhatikan ciri- ciri perangkat kerja animasi tradisional berikut ini,
(1) diciptakan di China sekitar 180 masehi
(2) terbuat dari kertas tembus atau panel mika
(3) pencipta bergantung pada perangkat di atas lampu dan udara sehingga gambar
yang dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada
kecepatan yang tepat
(4) merupakan konsep awal animasi
Deskripsi di atas menjelaskan perangkat animasi tradisional ....
A. Zeotrope
B. Magic lantern
C. Thaumatrope
D. Phenakistoscope
E. Flip book
4. Perangkat animasi tradisional yang merupakan pendahulu dari proyektor
modern dimana terdiri dari lukisan minyak dan lampu sederhana yang prinsip
kerjanya disatukan dalam ruangan gelap kemudian akan muncul gambar yang lebih
besar dari permukaan yang datar merupakan ....
A. Zeotrope
B. Magic lantern
C. Thaumatrope
D. Phenakistoscope
E. Flip book
5. Disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di
setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan
melalui pusa merupakan ciri dari perangkat animasi tradisional ....
A. Zeotrope
B. Magic lantern
C. Thaumatrope
D. Phenakistoscope
E. Flip book
6. Perhatikan gambar berikut,
Perangkat animasi tradisional di atas adalah ....
A. Zeotrope
B. Magic lantern
C. Thaumatrope
D. Phenakistoscope
E. Flip book
7. Perhatikan mekanisme perangkat animasi tradisional berikut,
(1) strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar
(2) gambar dilihat dalam serangkaian kecil cermin stasioner di sekitar bagian
dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan
gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih baik.
Deskripsi di atas menjelaskan perangkat animasi tradisional ....
A. Zeotrope
B. Magic lantern
C. Thaumatrope
D. Praxinoscope
E. Flip book
8. Langkah awal yang dilakukan dalam membuat animasi tradisional adalah ....
A. storyboard
B. voice recording
C. animatics
D. design and timing
E. animation
9. Hal yang dilakukan pada pembuatan animasi tradisional pada tahapan voice
recording adalah ....
A. menyiapkan sketsa dan tulisan
B. mempersiapkan musik, soundtrack, sound efek, dan suara karakter animasi
yang dibuat
C. memasukkan gambar gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-
adegan gambar
D. penentuan panel- panel pada storyboard untuk timing cepat lambatnya adegan-
adegan
E. pembuatan detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik
muka dan mulut
10. Hal yang dilakukan pada pembuatan animasi tradisional pada tahapan
animatics adalah ....
A. menyiapkan sketsa dan tulisan
B. mempersiapkan musik, soundtrack, sound efek, dan suara karakter animasi
yang dibuat
C. memasukkan gambar gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-
adegan gambar
D. pembuatan layout yang meliputi sudut penataan kamera, lighting dan shading
E. pembuatan detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik
muka dan mulut
11. Proses design and timing dalam animasi tradisional berisikan ....
A. menyiapkan sketsa dan tulisan
B. mempersiapkan musik, soundtrack, sound efek, dan suara karakter animasi
yang dibuat
C. memasukkan gambar gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-
adegan gambar
D. pembuatan layout yang meliputi sudut penataan kamera, lighting dan shading
E. pembuatan detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik
muka dan mulut
12. Proses animation dalam animasi tradisional berisikan ....
A. menyiapkan sketsa dan tulisan
B. mempersiapkan musik, soundtrack, sound efek, dan suara karakter animasi
yang dibuat
C. memasukkan gambar gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-
adegan gambar
D. pembuatan layout yang meliputi sudut penataan kamera, lighting dan shading
E. pembuatan detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik
muka dan mulut
13. Pembuatan background gambar pada proses pembuatan animasi tradisional
menggunakan ....
A. pen
B. pensil, water color, oil paint
C. oil paint, crayon, water color
D. pensil warna, crayon
E. pen, pensil, pensil warna, water color
14. Bahan yang digunakan sebagai media transfer apabila semua aspek sudah
selesai digambar adalah ....
A. kertas
B. kain
C. karton
D. sel
E. plat
15. Pembuatan video berbasis animasi dengan komputer analog pada tahun 1960-an
sampai awal 1980-an menggunakan ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. morph
E. cell- shaded animation
16. Sketsa gambar tangan menggunakan peralatan Tablet PC atau Digitalizer
Tablet seperti Wacom yang dicapture langsung menjadi video dikenal dengan ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. morph
E. cell- shaded animation
17. Teknik dalam animasi komputer, khususnya animasi yang melibatkan struktur
pergerakan susunan tulang dikenal dengan ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. morph
E. cell- shaded animation
18. Sebuah tipe dari non photorealistic rendering yang didesain untuk membuat
grafik yang dibuat dari komputer terlihat seperti digambar oleh tangan dikenal
dengan ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. morph
E. cell- shaded animation
19. Sebuah teknik dari 2D komputer grafis untuk membuat animasi kartun dan
mengedit movie untuk melihat beberapa frame dalam satu tampilan disebut ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. onion skinning
E. cell- shaded animation
20. Efek khusus dalam gambar bergerak dan animasi yang mengubah satu gambar
atau bentuk menjadi yang lain melalui transisi yang mulus disebut ....
A. multi-sketching
B. scanimate
C. skeletal animation
D. morph
E. cell- shaded animation
Lanjut ke nomor soal berikutnya >>>> Halaman 2
=======================
EmoticonEmoticon