Latihan Soal Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Peluang Usaha dan Profesi Animasi - Ahzaa.Net

Latihan Soal Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Peluang Usaha dan Profesi Animasi

Latihan Soal Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2 Peluang Usaha dan Profesi Animasi
Hai sahabat Ahzaa, selamat datang di AhzaaNet. Pada kesempatan kali ini saya akan lanjutkan dalam menyajikan latihan soal untuk jenjang SMK yaitu Dasar- Dasar Animasi  Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka. Pada posting sebelumnya sudah saya berikan untuk latihan soal Bab 1 Wawasan Industri Animasi yaa.. Buat teman- teman yang belum mempelajari untuk latihan soal tersebut, bisa membukanya pada post saya sebelumnya. 

Latihan soal ini khusus untuk kalian yang ambil Program keahlian Animasi SMK, semoga melalui latihan soal soal berikut ini dapat membantu dalam belajar kalian. 

Gambar oleh Tumisu, please consider ☕ Thank you! 🤗 dari Pixabay

Materi soal disarikan dari buku paket Dasar- Dasar Animasi  Kelas 10 SMK Semester 1. Latihan soal terdiri atas 18 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan dalam belajar, kunci jawaban saya buat dalam bentuk spoiler (buka tutup) agar teman- teman dapat belajar mandiri. 

Langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,

======================================================================================

Latihan Soal Dasar- Dasar Animasi Kelas 10 SMK Semester 1 Bab 2 Peluang Usaha dan Profesi Animasi

1. Di bawah ini yang bukan merupakan job desk dari seorang 2D layout artist adalah ....
A. membuat desain konsep karakter
B. membuat gambar latar atau background
C. membuat standar produksi desain suasana 
D. membuat desain benda- benda properti yang akan digunakan pada film animasi
E. membuat model digital hardsurface atau organik 3 dimensi



2. Seorang 3D ilustration artist harus mampu membuat pencitraan gambar digital atau disebut dengan ....
A. rigging
B. rendering
C. shading
D. compositing
E. directing



3. Dalam pekerjaannya seorang 3D ilustration artist harus memiliki kemampuan dalam membuat pencitraan baik secara tekstur permukaan maupun sifat permukaan atau dikenal dengan istilah ....
A. rigging
B. rendering
C. shading
D. compositing
E. directing



4. Salah satu job desk dari seorang 3D Ilustration Artist adalah kemampuan dalam rigging atau ....
A. mempersiapkan sudut pandang kamera digital
B. membuat pencitraan sifat permukaan
C. membuat rancangan mekanika gerak digital
D. membuat pencitraan gambar digital
E. membuat pencitraan UV mesh



5. Agar konsep yang dihasilkan sesuai dengan tujuan maka seorang 3D Ilustration Artist ....
A. melakukan penelitian tentang konsep desain dan menggambarkannya sesuai dengan papan cerita dalam konsep naskah
B. mampu membuat pencitraan sifat permukaan
C. membuat rancangan mekanika gerak digital
D. membuat pencitraan gambar digital
E. membuat pencitraan UV mesh



6. Kreativitas yang diperlukan oleh seorang 3D Ilustration Artist adalah ....
A. menerima umpan balik yang konsisten
B. mampu menerjemahkan konsep abstrak dan membantu mengubahnya menjadi gambar konkret  
C. berdisiplin terhadap waktu yang ditentukan
D. mampu bekerja sama dengan pihak lainnya seperti sutradara ataupun direktur kreatif
E. dapat menyesuaikan dengan lingkungan pekerjaan yang ada



7. Sebagai seorang yang bertanggung jawab terhadap motion graphic, Motion  Graphic  Artist memiliki tugas ....
A. mengatur desain animasi dalam bentuk 2D
B. mengatur desain animasi dalam bentuk 3D
C. membuat  banyak  aset  visual dan pergerakan objek yang dinamis
D. menerjemahkan konsep dari para concept artist menjadi bentuk modelling 3D yang akan dipakai pada film animasi
E. menggerakkan karakter 3D yang sudah disediakan



8. Berikut ini yang bukan merupakan job desk dari seorang Motion Graphic Artist adalah ....
A. membuat gerak digital non character
B. membuat model  digital  hardsurface
C. membuat pencitraan gambar digital (rendering)
D. menerjemahkan konsep dari para concept artist menjadi bentuk modelling 3D yang akan dipakai pada film animasi
E. membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)



9. Seorang motion graphic artist harus mampu dalam membuat komposisi teknik layer 3 dimensi atau dikenal dengan ....
A. art directing
B. online editing
C. 3D compositing
D. shading
E. rendering



10. Orang- oarang yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan konsep yang didapat dari para concept artist menjadi bentuk modeling 3D yang akan dipakai  di dalam  film animasi bersangkutan adalah ....
A. 3D modeling artist
B. Motion Graphic Artist
C. 3D Ilustration Artist
D. 2D layout Artist
E. 3D Animator



11. Orang- orang yang bertanggung jawab membuat gerakan- gerakan animasi yang terdapat pada film animasi agar terlihat menarik, masuk akal serta tetap berpatokan pada petunjuk gerakan yang sudah disediakan lewatstoryboard oleh para storyboard artist animasi adalah ....
A. 3D modeling artist
B. Motion Graphic Artist
C. 3D Ilustration Artist
D. 2D layout Artist
E. 3D Animator



12. Di bawah ini adalah hal- hal yang menjadi tanggung jawab seorang script writer, kecuali ....
A. mengembangkan dan meriset ide-ide untuk skenario film
B. membuat kerangka kerja atau treatment awal untuk skenario
C. menulis atau mengadaptasi cerita menjadi sebuah naskah
D. mengubah script atau konsep menjadi sebuah gambaran visual 
E. bertemu dengan eksekutif film untuk mengajukan skenario dan gagasan



13. Orang- orang yang memiliki kewenangan untuk mengambil shot dalam merepresentasikan adegan dalam script dan bertanggung jawab terhadap pengembangan karakter di divisi desain karakter serta pengembangan lokasi pada divisi environment adalah ....
A. Script Writer 
B. Storyboard Artist 
C. Colorist 
D. Sound Engineer 
E. Video Editor



14. Pada Film The Battle of Surabaya, hampir seluruh situasi diwarnai dengan nuansa yang menggambarkan situasi pada masa perjuangan tahun 1945. Hal tersebut membuat penonton seakan- akan terbawa dengan suasana yang ada. Elemen dramatik film tersebut merupakan peran dari ....
A. Script Writer 
B. Storyboard Artist 
C. Colorist 
D. Sound Engineer 
E. Video Editor



15. Colorist film memiliki peran yang sangat penting dalam produksi film. Colorist akan dapat membuat suasana seperti menakutkan, mencekam, hingga bahagia, semua sangat bergantung dengan bagaimana warna ditampilkan ke depan layar. Oleh karenanya, colorist film harus memiliki kemampuan ....
A. menggunakan Warna Untuk Mempertegas Elemen Dramatik
B. memahami Psikologi Warna 
C. memiliki Pengetahuan Sinematografi 
D. jawaban A, B benar
E. jawaban A, B, C benar



16. Seorang sound engineer berperan penting dalam sebuah film. Tanggung jawab sound engineer adalah ....
A. mengembangkan dan meriset ide-ide untuk skenario film
B. memanipulasi suara guna mencapai hasil yang diinginkan
C. bertemu dengan eksekutif film untuk mengajukan skenario dan gagasan
D. menulis atau mengadaptasi cerita menjadi sebuah naskah
E. membuat kerangka kerja atau treatment awal untuk skenario



17. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab seorang video editor, kecuali ....
A. menyortir materi yang dibutuhkan untuk dipakai dan diolah menjadi video utuh sesuai arahan
B. menentukan transisi, sentuhan, pewarnaan, juga efek yang akan diterapkan pada video sesuai arahan konsep yang ada
C. menggabungkan elemen-elemen visual dalam adegan dengan alur dan dialog
D. memastikan bahwa kualitas dari video maupun audio baik
E. mampu memperbaiki dan memberikan solusi jika ada kekurangan dari materi video dan audio yang tersedia



18. Seorang video editor harus memiliki kemampuan ....
A. mampu mengoperasikan software atau aplikasi video editing terkini
B. memiliki kreatifitas dalam mengolah materi menjadi video
C. menulis atau mengadaptasi cerita menjadi sebuah naskah
D. jawaban A, B benar
E. jawaban A, B, C benar



EmoticonEmoticon

Formulir Kontak