Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Informatika merupakan bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.
Bidang-bidang pengetahuan infomatika dibagi menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).
Pada jenjang SMP, mapel informatika ini dilaunching seiring dengan diterapkannya kurikulum merdeka. Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
Nah, hari ini saya lanjutkan untuk melengkapi belajar teman- teman melalui latihan soal dengan menyajikan latihan soal mapel Informatika khususnya untuk kelas 7 SMP mapel Informatika bab 4 Sistem Komputer. Pastinya teman- teman bertanya- tanya tentang bab sebelumnya yaitu bab 1, 2 dan 3. Ketiga bab tersebut sudah saya publish beberapa waktu yang lalu. Teman- teman bisa membukanya melalui tautan berikut,
Latihan soal terdiri dari 50 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga dengan latihan ini dapat menambah referensi dan membantu dalam belajar melalui latihan soal.
Berikut latihan soalnya,
=======================================================================================
Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum
Merdeka
Bab 4 Sistem Komputer
=======================================================================================
Perangkat Keras - Hardware
1. Kata komputer berasal dari bahasa Inggris to compute yang berarti ....
A. mengolah
B. menghitung
C. memproses
D. mendata
2. Komputer merupakan kombinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras yang
mampu melakukan pekerjaan tertentu. Di bawah ini yang tidak termasuk perangkat
keras komputer adalah ....
A. mainboard
B. Hardisk
C. Microsoft Office
D. VGA Card
3. Perangkat keras merupakan perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang
nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai ....
A. perangkat masukan (input), keluaran (output)
B. perangkat masukan (input), keluaran (output), dan pemroses (processor)
C. perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor) dan
memori
D. perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori
dan penyimpan (storage)
4. Peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah disebut ....
A. perangkat masukan
B. perangkat keluaran
C. pemroses
D. memori
5. Peralatan yang menyajikan informasi dari komputer dikenal dengan istilah
....
A. perangkat masukan
B. perangkat keluaran
C. pemroses
D. memori
6. Di bawah ini yang termasuk ke dalam jenis perangkat masukan adalah ....
A. layar, printer, scanner
B. printer, speaker, scanner
C. keyboard, scanner, mouse
D. printer, scanner, speaker
7. Perangkat berikut yang termasuk ke dalam jenis perangkat keluaran adalah
....
A. layar, printer, scanner
B. printer, speaker, scanner
C. keyboard, scanner, kamera digital
D. printer, scanner, speaker
8. Mouse atau tetikus merupakan salah satu dari perangkat masukan komputer.
Fungsi dari mouse atau tetikus adalah ....
A. memasukkan karakter ke dalam komputer
B. menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer
C. memindai atau menyalin data dari kertas dengan menggunakan alat pembaca
digital
D. mengonversi suara menjadi sinyal elektrik
9. Di bawah ini yang termasuk dalam pengoperasian mouse komputer adalah ....
A. left click
B. double click
C. plug and play
D. drag
10. Untuk memindahkan suatu objek antarmuka seperti gambar, icon, teks, dan sebagainya pada pemakaian mouse, maka perintah yang digunakan adalah ....
A. left click
B. double click
C. right click
D. drag
11. Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse
disebut ....
A. left click
B. double click
C. right click
D. drag
12. Keyboard merupakan salah satu perangkat masukan yang berfungsi ....
A. memasukkan karakter ke dalam komputer
B. menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer
C. memindai atau menyalin data dari kertas dengan menggunakan alat pembaca
digital
D. mengonversi suara menjadi sinyal elektrik
13. Pada keyboard konvensional terdapat beberapa kelompok tombol yang memiliki
fungsi masing- masing. Salah satu kelompok tombol adalah Typewriter Keys yang
merupakan tombol untuk ....
A. mengetik, baik angka maupun huruf dan tanda baca
B. fungsi khusus
C. membantu memasukkan perintah operator aritmatika
D. mengendalikan kursor
14. Kelompok tombol numeric keypad merupakan kelompok tombol yang berfungsi
untuk ....
A. mengetik, baik angka maupun huruf dan tanda baca
B. fungsi khusus
C. membantu memasukkan perintah operator aritmatika
D. mengendalikan kursor
15. Tombol F1 sampai dengan F12 yang terletak di keyboard termasuk dalam
kelompok tombol ....
A. Typewriter Keys
B. Functions Keys
C. Numeric Keypad
D. cursor control keys
16. Pada sistem kerja keyboard, saat tombol ditekan, maka akan menekan lapisan
karet yang terhubung dengan sebuah chip. Chip tersebut akan menstransmisikan
sinyal dalam bentuk kode - kode ....
A. desimal
B. biner
C. octal
D. hexadesimal
17. Terdapat beberapa jenis keyboard. Jenis keyboard dengan tata letak yang
didasarkan pada enam huruf pertama pada papan ketik mesin tik adalah ...
A. Keyboard Dvorak
B. Keyboard QWERTY
C. Keyboard Klockenberg
D. Keyboard Maltron
18. Keyboard yang susunan huruf paling umumnya diletakkan pada tempat yang
paling mudah dijangkau adalah ....
A. Keyboard Dvorak
B. Keyboard QWERTY
C. Keyboard Klockenberg
D. Keyboard Maltron
19. Keyboard yang mengedepankan aspek ergonomis di mana keyboard QWERTY
dimodiikasi untuk mengurangi beban otot tangan adalah ....
A. Keyboard Dvorak
B. Keyboard QWERTY
C. Keyboard Klockenberg
D. Keyboard Maltron
20. Jenis keyboard yang menggunakan prinsip proyeksi dan memungkinkan
pengetikan tanpa menggunakan keyboard secara fisik adalah ....
A. Keyboard Dvorak
B. Keyboard virtual
C. Keyboard Klockenberg
D. Keyboard Maltron
Yuk lanjut ke nomor soal berikutnya yaa >>>>>> Halaman 2
EmoticonEmoticon