Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Hari ini kita belajar dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) melalui seri latihan soal PAT SMK/ MAK. Untuk latihan soal yang akan saya posting kali ini adalah soal Ujian PAT mapel Simulasi dan Komunikasi Digital kelas 10 SMK/ MAK tahun 2021/ 2022.
Latihan soal PAT Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) Kelas 10 SMK/ MAK Semester 2 Tahun 2021/ 2022 terdiri dari soal pilihan ganda sebanyak 40 soal lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan, saya buat sistem spoiler pada kunci jawaban.
Materi Simulasi dan Komunikasi Digital disarikan dari jilid buku atau bahan ajar Simulasi dan Komunikasi Digital jilid dua kelas 10 SMK/ MAK.
Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
=====================================================================================
Latihan Soal PAT Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) Kelas 10 SMK/ MAK
Semester 2 Tahun 2021/ 2022
=====================================================================================
1. Kewargaan digital merupakan sebuah konsep yang memberikan penyadaran
penggunaan teknologi informasi di dunia maya secara bertanggung jawab dengan
baik dan benar. Oleh karena itu seorang warga digital harus benar- benar
mengetahui batasan- batasan dan menerapkan perilaku- perilaku seperti berikut
ini, kecuali ....
A. pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi
B. pembuatan status sesuai dengan apa yang dirasakan dan dialami
C. tidak menyinggung pihak lain dalam memposting sesuatu ke sosial media
D. tidak membuka tautan yang mencurigakan
E. pembuatan password yang memiliki kerumitan tinggi
2. Hukum digital mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat. Warga
digital harus mengerti bahwa mencuri ataupun mengubah data diri, maupun karya
digital orang lain merupakan sebuah perbuatan melanggar hukum. Contoh
perbuatan yang melanggar hukum berkaitan dengan pernyataan di atas adalah ....
A. penggandaan sebagian dokumen sebagai kutipan dengan mencantumkan sumber
aslinya
B. melakukan security testing oleh perusahaan tertentu untuk mencari
kerentanan keamanan pada sebuah software atau aplikasi
C. mengikuti lomba keamanan jaringan dan sistem komputer
D. mempelajari sistem pembuatan virus komputer dan membuatnya untuk tujuan
komersial
E. mengikuti lokakarya internet yang sehat
3. Mudahnya akses dan makin tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam
memanfaatkan teknologi komunikasi, ikut mendorong tumbuhnya pasar jual beli
dan transaksi daring di Indonesia. Tentunya transaksi daring memiliki
kelebihan dan kelemahan atau resiko yang harus diperhatikan. Berikut ini
resiko yang paling merugikan konsumen saat bertransaksi daring adalah ....
A. sistem aplikasi yang rumit
B. sistem pembayaran yang melibatkan pihak ketiga
C. perbedaan kualitas barang yang dikirim
D. sistem legalitas barang yang diperjualbelikan
E. syarat dan ketentuan yang terlalu panjang untuk di baca
4. Intimidasi (Bullying) merupakan perilaku agresif yang tidak
diinginkan di kalangan anak usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan
kekuatan. Ada beberapa bentuk intimidasi, salah satunya yaitu dengan
pemanfaatan teknologi untuk melakukan segala bentuk gangguan guna merendahkan
martabat atau pelecehan kepada seseorang yang dikenal dengan ....
A. intimidasi verbal
B. intimidasi sosial
C. intimidasi siber
D. intimidasi fisik
E. intimidasi verbal dan sosial
5. Seorang penulis memilih untuk menggunakan lisensi
Creative Common dalam karyanya. Hal ini berarti bahwa karya tersebut
....
A. tidak dapat digunakan, diadaptasi, disalin, dipublikasikan tanpa seizin
dari penulis
B. dapat digunakan tanpa permisi, tetapi dalam kondisi dan syarat tertentu
seperti pencantuman nama pembuat, non komersiil, tidak ada perubahan konten
dan sebagainya
C. dapat digunakan, diadaptasi, salin, publikasi, tanpa pembatasan dan tidak
dibutuhkan perizinan
D. penggunaan dengan syarat tertentu dengan batasan waktu yang ditetapkan
E. penggunaan secara bebas untuk tujuan non komersiil
6. Saat kita ingin melakukan pencarian gambar melalui perambah Bing dengan
label gambar yang bebas untuk dibagikan dan digunakan, maka setelah melakukan
pencarian "images" lalu klik "filter" dan "license" kita bisa memilih pilihan
label ....
A. All creative common
B. Public domain
C. Free to share and use
D. Free to share and use commercially
E. Free to modify, share and use
7. Di bawah ini yang merupakan contoh dari aplikasi komunikasi daring asinkron
adalah ....
A. Gmail
B. Skype
C. Whatsapp
D. Telegram
E. FaceTime
8. Videochatting sering disamakan dengan video conference, padahal
keduanya memiliki perbedaan dalam hal ....
A. perangkat yang digunakan
B. sistem aplikasi yang digunakan
C. jumlah partisipan dalam komunikasi video
D. multitasking fitur
E. perangkat yang digunakan dan sistem aplikasi
9. Selama masa pandemi, layanan video conference menjadi layanan yang banyak
digunakan dalam pelbagai kepentingan seperti bekerja dari rumah (WFH) maupun sekolah
dengan pembelajaran daringnya. Contoh layanan video conference yang paling
sering digunakan untuk pembelajaran daring sekolah adalah ....
A. Google Hangout
B. Zoom Meeting
C. Bigbluebutton
D. Skype
E. UMeetMe
10. Penggunaan E-mail sebagai layanan daring pengiriman surat sudah
menggantikan layanan surat konvensional. E-mail memiliki kelebihan seperti
terkirimnya surat secara langsung ke alamat tujuan, pelampiran dokumen digital
maupun dari segi biaya yang dibebankan. Ada dua jenis E-mail yaitu E-mail
gratis dan berbayar. Pada E-mail berbayar ....
A. hanya mengeluarkan biaya untuk internet dalam penggunaannya
B. memiliki layanan tambahan seperti kapasitas, nama custom domain,
perlindungan virus, dans ebagainya
C. menyematkan iklan di dalamnya
D. tidak mampu melampirkan dokumen dengan kapasitas yang besar
E. memiliki batasan waktu tertentu
11. Salah satu penyedia E-mail gratis yang banyak digunakan adalah Gmail.
Gmail memiliki kelebihan dibandingkan penyedia E-mail gratis lainnya seperti
pada beberapa layanan berikut ini, kecuali ....
A. kapasitas penampungan e-mail yang besar
B. terintegrasi dengan fitur Google lainnya
C. hanya tersedia bagi korporasi
D. tampilan yang user friendly
E. dibebankan biaya tambahan untuk fitur tertentu
12. Hal penting yang perlu dilakukan setelah menerima e-mail adalah mengelola
e-mail yang masuk dengan memanfaatkan fitur yang disediakan. untuk
mengategorikan e-mail yang tidak diinginkan atau dianggap berbahaya maka bisa
kita pilih fitur ....
A. Berbintang
B. Draft
C. Spam
D. Semua Email
E. Terkirim
13. Fitur Google Drive banyak dipilih sebagai media penyimpanan file secara
daring karena ....
A. menggunakan akses cloud storage
B. ruang penyimpanan yang gratis dengan kapasitas besar 15 GB
C. memiliki filter untuk file- file tertentu
D. terintegrasi dengan platform penyimpanan lain seperti MediaFire
E. kemudahan akses koneksi internet
14. Berbagi file menggunakan tautan atau Link yang dihasilkan dari Drive akan
sangat membantu kita saat mengirim email yaitu ....
A. dalam mengirim jenis file- file tertentu
B. melampirkan ukuran file yang besar
C. mengirim email secara instan dan cepat
D. mengirim email ke banyak penerima
E. mengirim email yang sifatnya penting
15. Dibanding dalam berbagai segi, komunikasi daring lebih menguntungkan
dibanding komunikasi konvensional seperti efisiensi biaya, waktu, tempat, dan
kemudahan lain. Akan tetapi komunikasi daring memiliki beberapa kelemahan,
salah satunya yang paling berbahaya adalah ....
A. perangkat yang tidak semua orang memilikinya
B. informasi yang tidak tersaring dengan baik
C. fitur yang tidak user- friendly bagi penggunanya
D. tidak mewakili perasaan pengirimnya
E. terlalu rumit bagi para penggunanya
16. Dalam pembelajaran, teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas
jangkauan pembelajaran, meningkatkan pemerataan dalam kecepatan belajar, serta
meningkatkan efisiensi pembelajaran. Salah satu kunci dalam menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka revolusi pembelajaran
adalah interaksi, artinya ....
A. akses terhadap beraneka ragam informasi tersedia dalam skala
global
B. belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja
C. evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri
D. penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di
luar ruang kelas
E. konten digital dapat terus-menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya
pembelajaran dalam kelas konvensional
17. E-learning merupakan lingkungan belajar yang mewadahi peran teknologi
informasi untuk mendukung proses pembelajaran. E-learning dapat berfungsi
sebagai supplement, complement dan replacement. E-learning sebagai supplement
apabila ....
A. digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka di kelas
B. menempatkan e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran
dengan menggabungkan model konvensional dengan e-learning
C. digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari penyampaian bahan
belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
D. menggantikan sistem pembelajaran konvensional yang ada sebelumnya
E. menggabungkan ketiga model yang ada
18. Memasuki tahun dimana angka penularan virus Covid-19 yang mulai menurun
dan pelonggaran beberapa aturan pemerintah terkait PPKM, sistem pembelajaran
pun akan mengalami perubahan, dari model e-learning fully online atau
daring penuh menjadi model mixed atau blended learning. Pada
model blended learning ....
A. e-learning digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka di
kelas
B. e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran
C. e-learning digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari
penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
D. e-learning mulai kembali lagi ke sistem pembelajaran konvensional
E. semua pernyataan salah
19. Salah satu software yang digunakan dalam e-learning yang menggabungkan
sebagian fitur dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur dari
Jejaring Sosial (Social Network) ....
A. Moodle
B. Edmodo
C. Google Classroom
D. Atutor
E. Blackboard CourseSites
20. Pernyataan yang tidak tepat bahwa Edmodo sebagai Social Learning Network
(SLN) adalah ....
A. melalui Edmodo, Siswa tidak dapat membangun jaringan pembelajaran
pribadi
B. dalam Edmodo, Guru membuat kelas, kemudian membagikan kode kelas kepada
para siswa yang akan digunakan sebagai password untuk masuk kelas
C. Edmodo membebaskan pengguna untuk batasan usia karena langsung di bawah
tanggung jawab guru
D. Edmodo dikembangkan dan didanai dari iklan komersial
E. fitur dalam Edmodo bebas digunakan atau tidak berbayar
Lanjut lagi ke nomor soal berikutnya yaa >>>>> Halaman 2
Mntpppp
ReplyDelete