Latihan Soal Materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 Bab 1 Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal - Ahzaa.Net

Latihan Soal Materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 Bab 1 Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal

Latihan Soal Materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 Bab 1 Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal
Salam. Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Hari ini kita akan berlatih soal untuk materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2. Materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 terdiri dari empat bab yaitu 

Bab 1. Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal
Bab 2. Wirausaha Produk Grafika
Bab 3. Kewirausahaan Budidaya Tanaman Hias
Bab 4. Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Hewani

Kita akan mulai dengan bab yang pertama dulu (bab 1) tentang Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal. Latihan soal ini merupakan bentuk rangkuman materi yang disusun dalam bentuk latihan soaluntuk memudahkan dalam belajar.

Latihan soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Materi disarikan dari buku paket Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. 

Image by talha khalil from Pixabay


Baik, berikut latihan soalnya, semoga bermanfaat

==========================================================================================

 Latihan Soal Materi Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 10 SMA/ SMK Semester 2 Bab 1 Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal

1. Perhatikan hal- hal berikut ini,
1) pantun
2) cerita rakyat
3) pakaian daerah
4) rumah adat
5) tarian
6) upacara adat

Hal- hal yang tidak termasuk dalam budaya nonbenda ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6



2. Di bawah ini sumber daya yang dibutuhkan dalam kewirausahaan adalah ....
A. Man, Money, Machine
B. Man, Money, Method Market
C. Man, Money, Material, Machine, Method, Market
D. Method, Man, Money, Man
E. Man, Method, Money



3. Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya-karya kerajinan inovatif kepada pasaran dimana pasar sasaran produk kerajinan ini adalah orang-orang yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional. Adapun sumber daya yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah ....
A. money
B. market
C. man
D. material
E. machine



4. Sumber daya yang menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha adalah ....
A. money
B. market
C. man
D. material
E. machine



5. Inspirasi objek budaya lokal dapat ditentukan dengan melihat potensi bahan baku yang ada atau sering disebut dalam sumber daya ....
A. money
B. market
C. man
D. material
E. machine



6. Hal yang paling awal dalam proses perancangan kerajinan adalah ....
A. pencarian ide produk kerajinan
B. pembuatan sketsa
C. pembuatan studi model kerajinan
D. pembuatan petunjuk produksi
E. produksi produk kerajinan



7. Syarat utama yang harus diperhatikan agar produk yang dihasilkan diminati oleh pasar adalah ....
A. memiliki nilai estetik
B. memiliki inovasi
C. berharga murah
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban B dan C benar



8. Di bawah ini yang merupakan contoh objek dua dimensi adalah ....
A. relief
B. bangunan
C. senjata
D. pakaian tradisional
E. perhiasan



9. Berikut ini pernyataan yang benar tentang pencarian ide atau gagasan terkait produk budaya lokal adalah ....
A. ide terkait produk berhubungan dengan pengetahuan dan apresiasi terhadap objek budaya lokal
B. ide atau gagasan dapat muncul secara tidak berurutan, berurutan dan tidak lengkap
C. ide atau gagasan dapat dimunculkan dalam berbagai bentuk pertanyaan terkait objek kerajinan budaya lokal
D. jawaban B dan C benar
E. jawaban A, B dan C benar



10. Tahapan brainstorming atau curah gagasan merupakan suatu proses dalam membebaskan diri untuk menghasilkan ide- ide yang beragam dan sebanyak- banyaknya. Tahap brainstorming dapat dianggap berhasil apabila dalam suatu kelompok ....
A. jumlah ide atau gagasan dari setiap anggota dibatasi
B. pendapat yang salah akan langsung dieliminasi
C. pemberian ide dibolehkan sebagai pengembangan ide sebelumnya
D. ide dari pimpinan kelompok lebih dipertimbangkan
E. ide atau gagasan yang paling masuk akal yang harus dipertimbangkan



11. Tujuan dibuat atau digambarkannya sketsa dari ide- ide produk atau rancangan adalah ....
A. memunculkan ide yang lebih masuk akal
B. memunculkan ide yang abstrak menjadi berwujud
C. menggambarkan ide yang lebih masuk akal
D. melihat ide dikreasikan agar produk menjadi indah atau estetik
E. mengetahui kekurangan dan kelemahan produk



12. Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan yang tepat terkait pembuatan gambar atau sketsa adalah ....
A. gambar atau sketsa dapat berupa variasi produk
B. gambar atau sketsa dapat digambarkan sebanyak- banyaknya
C. gambar atau sketsa hanyalah untuk ide yang nyata atau riil
D. gambar atau sketsa pada satu produk yang memiliki fungsi sama, dapat dengan bentuk yang berbeda
E. produk dengan bentuk yang sama dapat digambarkan dengan sketsa dengan warna dan motif yang berbeda 



13. Pemilihan ide dapat dilakukan dengan mempertimbangkan hal ....
A. ide yang paling baik
B. ide yang memungkinkan untuk dibuat
C. ide yang menyenangkan
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar



14. Prototyping atau pembuatan studi model diperlukan untuk ....
A. mengubah bidang dua dimensi menjadi tiga dimensi
B. menegaskan sketsa yang dibuat dengan penebalan garis
C. mengetahui ukuran dari obyek model sebenarnya
D. memahami detail dari obyek aslinya
E. mengubah menjadi obyek yang nyata seperti aslinya



15. Pelaksanaan produksi dapat dilakukan dengan mudah dan terencana apabila ....
A. curahan ide dan gagasan sudah matang
B. prosedur dan langkah- langkah kerja dituliskan secara jelas dan detail
C. proses brainstorming menghasilkan gagasan yang mudah
D. pembuatan sketsa mendekati obyek aslinya
E. pemilihan material bahan mudah



Lanjutan soal nomor 16 sampai 30 di halaman berikutnya >>>> Halaman 2

==========================================================================================

1 Comments


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak