Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Bab 7 Seni Peran - Ahzaa.Net

Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Bab 7 Seni Peran

Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1  Bab 7 Seni Peran
Salam. Hai Sahabat Ahzaa selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan lanjutkan lagi untuk posting latihan soal untuk menghadapi UAS/ PAS kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 (gasal) untuk mapel seni Budaya. Setelah pada tulisan sebelumnya saya bahas untuk latihan soal bab pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, dan keenam Mari kita lanjutkan ke pembahasan soal berikutnya yaitu bab 7 tentang Seni Peran. 

Pementasan Panji Semirang
Source : Dok. Kemendikbud


Ada delapan bab materi seni budaya kelas 10 SMA/ SMK sehingga latihan soal  saya buat per-bab untuk memudahkan dalam belajar teman- teman semuanya.  Adapun materi Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 meliputi
Latihan soal UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Bab 7 ini berjumlah  35 butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawaban pada setiap soal. Untuk memudahkan dalam belajar, kunci jawaban saya buat dalam sistem buka tutup spoiler. Materi soal disarikan dari materi buku paket  Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 edisi revisi 2017.

Semoga Bermanfaat

==========================
Latihan Soal Materi UAS/ PAS Seni Budaya Kelas 10 SMA/ SMK Semester 1 Tahun Bab 7 Seni Peran


1. Secara etimologis, seni peran berasal dari kata "to act to" yang berarti ....
A. melakukan
B. meniru
C. menjiplak
D. memilih
E. menerapkan



2. Pelaku atau pemeran pria dalam seni peran disebut ....
A. aktris
B. aktor
C. tokoh
D. pemain
E. pemeran



3. Seni peran komikal merupakan salah satu kategori seni peran dalam teater tradisional. Seni peran ini berciri khas ....
A. lakon bersumber pada kehidupan sehari- hari
B. munculnya pelawak dalam adegan comic relief
C. lakon bersifat realistik
D. cerita bersumber pada lakon kerajaan
E. cerita berdasarkan kisah nyata



4. Seni peran gaya realistik ditampilkan oleh pemeran dengan mengambil cerita ....
A. berdasarkan kisah nyata
B. berdasarkan kisah kehidupan sehari- hari
C. bersifat khayalan
D. berlatar kerajaan
E. berlatar waktu di masa lalu



5. Pemeran teater tradisional dengan seni peran gaya agung memiliki lakon ....
A. kehidupan nyata
B. kerajaan
C. sejarah penjajahan
D. bersifat realistik
E. kehidupan sehari- hari



6. Lakon yang dibawakan pada teater tradisional berdasarkan pada ....
A. naskah tertulis
B. aksi spontan
C. improvisasi
D. jawaban  A dan B benar
E. jawaban B dan C benar



7. Terjalinnya komunikasi antar para pemain dan penonton merupakan satu hal yang harus diperhatikan dalam seni peran. Hal tersebut dapat terwujud dengan unsur bawah ini, kecuali ....
A. kerja keras
B. cenderung over acting
C. percaya diri
D. keberanian untuk mencoba dan gagal
E. memiliki wawasan dan suka bergaul



8. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri- ciri dari seni peran pada teater rakyat adalah ....
A. naskah lakon disampaikan dalam bentuk bagal, bedrip, atau garis besar cerita bersumber dari cerita daerah setempat
B. seni peran dilakukan dengan gaya komikal, realistik yang bersifat spontan
C. terdapat isi seni atau nilai pesan dan mengusung fungsi terkait adat istiadat
D. menggunakan penyampaian bahasa daerah yang ketat atau menggunakan bahasa dengan idiom- idiom bahasa yang benar sesuai kebutuhannya
E. peralatan kebutuhan seni peran sederhana, tidak rumit dan menggunakan peralatan sederhana



9. Seni peran teater istana memiliki ciri ....
A. dilakukan dengan agung dan persiapan serta latihan yang mapan dan matang
B. pembagian peran untuk masing- masing pemain bersifat tipe casting atau sudah terbagi dengan jelas pasti dan terbina
C. seni peran bersifat improvisasi dan spontanitas
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban B dan C benar



10. Unsur- unsur seni peran dalam pementasan teater tradisional istana bersifat ....
A. tidak baku
B. banyak pengulangan
C. baku dan teroganisir
D. sederhana
E. bersahaja dan spontan



11. Peralatan kebutuhan seni peran dalam pementasan teater tradisional istana bersifat ....
A. sederhana
B. seadanya
C. tidak rumit
D. glamour
E. umum



12. Di bawah ini yang bukan merupakan unsur penunjang seni peran adalah ....
A. pemahaman cerita atau lakon
B. rias, busana dan kostum
C. penguasaan tubuh, ekspresi mimik dan penghayatan
D. peralatan (handprop)
E. irama permainan



13. Dalam seni peran, inti dari cerita yang disampaikan tokoh adalah konflik atau pertentangan yang dijalin oleh susunan cerita dalam hubungan sebab akibat tentunya dengan mengusung tema cerita. Lingkup konflik atau pertentangan dalam cerita adalah mencakup ....
A. pertentangan tokoh utama dengan tokoh lainnya
B. pertentangan tokoh utama dengan diri sendiri
C. pertentangan tokoh dengan lingkungannya
D. pertentangan tokoh dengan keyakinannya
E. semua jawaban benar



14. Berikut ini yang bukan pernyataan yang benar tentang lako dalam seni peran adalah ....
A. lakon cerita atau naskah teater merupakan hasil karya seniman atau sastrawan yang diwujudkan atau diangkat ke atas pentas teater
B. Lakon yang ditulis pengarang di mata seniman teater merupakan bahan baku atau sumber ide, gagasan dan pesan moral yang mengilhami untuk berkreativitas seni peran melalui pementasan teater
C. lakon, cerita atau naskah merupakan unsur penunjang dalam seni teater
D. pernyataan A dan B benar
E. pernyataan A, B dan C benar



15. Tokoh utama, pelaku utama atau pemain utama yang menggerakkan cerita hingga cerita memiliki peristiwa dramatik adalah ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. foil
E. tetragoni



16. Tokoh yang berpihak kepada tokoh utama dan biasanya tokoh ini membantu tokoh utama dalam menjalankan itikadnya disebut ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. foil
E. tetragoni



17.Tokoh yang merupakan lawan dari tokoh utama, atau penghambat pelaku utama atau dalam hal ini disebut sebagai tokoh hitam disebut tokoh ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. foil
E. tetragoni



18. Tokoh yang berpihak kepada lawan tokoh utama dan biasanya tokoh ini membantu tokoh Antagonis dalam menghambat itikad tokoh utama disebut ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. foil
E. tetragoni



19. Tokoh yang menjadi tempat pengutaraan tokoh utama disebut ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. confident
E. tetragoni



20. Tokoh yang tidak memihak kepada salah satu tokoh lain, lebih bersifat netral dan biasanya tokoh ini memberi masukan-masukan positif kepada kedua belah pihak untuk mencari jalan yang terbaik disebut ....
A. protagonis
B. antagonis
C. deitragonis
D. confident
E. tetragoni



Lanjutan soal nomor 21 sampai 35 di halaman berikutnya >>>> Halaman 2


EmoticonEmoticon

Formulir Kontak